7 Kuliner Khas Kota Makassar yang Wajib Dicicipi

7 Kuliner Khas Kota Makassar yang Wajib Dicicipi
7 Kuliner Khas Kota Makassar yang Wajib Dicicipi

Beritakuliner.com – 7 Kuliner Khas Kota Makassar yang Wajib Dicicipi, Banyak tempat makan ciri khas Makassar yang dapat didapati di Jakarta. Tapi, yang paling mantap memanglah menyicipinya segera di kotanya. Jika ada peluang datang ke Makassar, di bawah ini adalah makanan yang harus dicicipi :

1. Coto Makassar

Makanan ini mungkin saja udah tdk asing lagi untuk warga serta turis di Makassar. Coto Makassar berbentuk sup memiliki bahan basic daging sapi dengan racikan rempah. Terkecuali nasi, dapat pula disantap dengan ketupat.

Coto Makassar
Coto Makassar

2. Mie Titi

Mie kering ciri khas Makassar ini mempunyai sensasi yang tidak sama dengan mie umumnya. Mie memiliki tekstur padat serta garing ini, mempunyai keunikan dengan kuah kentalnya.

Kuah kental memiliki bahan basic kaldu ayam, tepung kanji, telur, dan bermacam bumbu rempah. Sebagai pelengkap, ditambahkan juga irisan daging ayam, jamur, udang, cumi, serta irisan jeruk nipis.

Sensasi gurih pada mie memiliki tekstur garing makin menaikkan cita rasa yang unik.

Mie Titi
Mie Titi

3. Sop Konro

Sop Konro memiliki bahan basic dari kluwak, lengkuas, ketumbar, serta kapulaga. Jadi lumrah saja kalau penampilan warna dari kuahnya yang hitam, tampak seperti Rawon.

Daging serta iga sapi yang empuk dengan balutan lemak jadi argumen kenapa makanan ini dimaksud dengan ‘konro’ yang bermakna iga.

Sebagai pelengkap, Sop Konro di sediakan dengan ketupat.

Bersamaan berjalannya saat, Sop Konro mempunyai ragam dalam penyajiannya yaitu Konro Bakar. Iga sapi juga akan dibakar memakai bumbu rempah-rempah.

Sop Konro
Sop Konro

4. Pallubasa

Pallubasa memberikan kuah kental yang dibuat dari kelapa parut sangrai, hingga rasa-rasanya gurih.

Tidak sama dengan Coto Makassar serta Sop Konro yang memakai bahan pelengkap berbentuk ketupat, Pallubasa memakai nasi putih hangat.

Biasanya Pallubasa di sediakan pada saat panas, dituang dengan segera kedalam mangkok kecil. Pelengkap hidangannya berbentuk telur ayam kampung mentah.

Meski sekian, rasa gurih yang dibuat dari kuah kental akan tidak merasa amis dikarenakan ada kombinasi kelapa parut sangrai.

Pallubasa
Pallubasa

5. Jalangkote

Makanan enteng kalau diliat dari teksturnya nyaris sama dengan pastel. Cuma saja, kulitnya lebih tidak tebal.

Bahan dasarnya dari tepung terigu serta mentega, dengan isian kentang, wortel, tauge, telur, mie atau bihun.

Ketidaksamaan yang paling mencolok kalau dibanding dengan pastel adalah ada pada langkah makannya.

Pengunjung bisa melahap makanan ini dengan sambal cair yang di buat dari paduan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir serta yg tidak bisa ketinggal adalah cuka.

Jalangkote
Jalangkote

6. Pisang Epe

Nama makanan ringan manis ini bermakna pisang yang dijepit di antara dua bilah kayu. Nama unik itu datang dari langkah produksi pisangnya.

Pisang berjenis kepok juga akan dipipihkan lantas dipanggang diatas bara api.

Sesudah itu, pisang juga akan disiram saus gula aren dengan penambahan parutan kelapa, yang menaikkan rasa manis serta gurih waktu disantap.

Sekarang ini, Pisang Epe mempunyai beragam jenis varian yang ada dimulai dari rasa cokelat, keju, sampai durian.

Pisang Epe
Pisang Epe

7. Es Pisang Ijo

Jajanan manis ciri khas Makassar yang lain adalah Es Pisang Ijo.

Memiliki bahan basic dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, sirup merah, saus santan, serta susu kental manis putih dengan penambahan es serut.

Adonan pisang berwarna hijau dibuat dari perasan daun pandan yang lalu dibuat mirip satu pisang utuh. Bahan pewarna alami yang difungsikan pada makanan ini hasilkan warna yang cantik.

Pisang yang umum difungsikan berjenis raja.

Biasanya Es Pisang Ijo di sediakan dengan dengan es serut serta sirup berwarna merah.

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*