Kampung Rendang, Menikmati Berbagai Macam Variasi Rendang di Payakumbuh

Kampung Rendang, Menikmati Berbagai Macam Variasi Rendang di Payakumbuh
Kampung Rendang, Menikmati Berbagai Macam Variasi Rendang di Payakumbuh

Beritakuliner.comKampung Rendang, Menikmati Berbagai Macam Variasi Rendang di Payakumbuh. Kampung Rendang Payakumbuh yang terdapat di selama Jalan Tan Malaka Lampasi juga akan memperoleh pembinaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam program Revitalisasi Sentra IKM (Industri Kecil serta Menengah). Lewat Kampung Rendang, Payakumbuh memperoleh keyakinan dari Kemenperin jadi satu diantara 22 daerah se-Indonesia yang juga akan dibina.

“Konsep Kampung Rendang Payakumbuh sama serta sebangun dengan rencana Sentra IKM yang tengah diperkembang oleh Kemenperin. Kami tertarik jadikan Kampung Rendang jadi sentra IKM yang juga akan kami bina, ” tutur Direktur Pengembangan Lokasi Industri II Kemenperin, Busharmaidi, waktu bertandang ke Kota Payakumbuh sekian waktu lalu.

Busharmaidi mengungkapkan, kehadiran Kampung Rendang dengan rencana sentra IKM dapat dibuktikan mempunyai banyak kelebihan. Rencana sentra IKM bisa mengumpulkan perajin IKM semacam di satu lokasi. Untuk maksud itu, pihaknya juga akan mempersiapkan infrastuktur, alat produksi, fasilitas, serta prasarana, yang digunakan dengan dengan oleh perajin. Dengan hal tersebut, sistem produksi lebih ekonomis serta harga jual dapat lebih murah.

Perajin IKM, kata Busharmaidi, mempunyai beban cost perlengkapan yang berkorelasi dengan kemampuan produksi. Rata-rata perajin IKM membuat alat produksi sendiri dengan kemampuan produksi yang terbatas. Terbatasnya kemampuan produksi buat harga jual product kalah berkompetisi dengan product yang sama pada industri besar.

“Selama industri kecil belum juga dapat mengelompok dalam satu sentra produksi serta menghasilkan dalam jumlah besar dengan support perlengkapan dengan yang ideal, sepanjang itu juga IKM kita juga akan kalah berkompetisi dengan industri besar,” katanya.

Menurut dia, kehadiran IKM dalam satu sentra akan menanggung kwalitas kualitas dari product yang dibuat, termasuk juga product rendang yang ingin diperkembang Payakumbuh. Ia menjelaskan, sentra juga akan menanggung keseragaman dari kualitas serta kwalitas product.

Baca Juga: Konro Bakar, Kuliner Khas Yang Paling Hit Saat Ramadhan di Makassar

“Rendang, umpamanya. Kwalitas daging, ukuran, cita rasa, dan sebagainya dapat diidentikkan antarperajin satu dengan perajin yang lain hingga customer mempunyai kepastian juga akan kwalitas product yang juga akan mereka beli,” ucapnya.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, begitu ketertarikan menyongsong gagasan Kemenperin untuk jadikan Payakumbuh jadi sentra IKM dengan rendang jadi product intinya.

“Terima kasih atas kesedian ayah bertandang ke Payakumbuh. Kami sedang serius membuat industri rendang. Kami tengah membuat industri pengalengan untuk rendang supaya dapat menembus pasar yang lebih luas,” katanya.

Riza menyebutkan, pihaknya sampai kini berniat membuat IKM di Payakumbuh dengan system klaster. Klaster yang disebut yaitu ada sentra-sentra ekonomi sebagai lokomotif perkembangan ekonomi.

“Lewat sentra-sentra ekonomi ini, pemerintah daerah lebih gampang mengelola serta penuhi bebrapa keperluan usaha mereka. Ada bagian yang dapat dipenuhi pemerintah, serta memanglah ada bagian beda yang bisa mereka penuhi sendiri jadi entrepreneur. Dari bagian pemerintah, dapat dimaksimalkan biaya untuk perkembangan ekonomi,” katanya.

Terkecuali mempunyai Kampung Rendang, Payakumbuh memiliki sentra-sentra ekonomi yang lain, seperti Kampung Tenun Balai Panjang, serta Sentra Makanan Enteng Ciri khas Payakumbuh. Pada sentra-sentra itu di ciptakan inovasi serta ide-ide baru, dari produksi, pengepakan, pemasaran, rantai produksi, sampai keluaran product supaya bisa dialirkan lebih cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*