Pisang Goreng Tepung Sianida, Ada Yang Berani Mencoba?

Pisang Goreng Tepung Sianida, Ada Yang Berani Mencoba?
Pisang Goreng Tepung Sianida, Ada Yang Berani Mencoba?

Beritakuliner.com – Pisang Goreng Tepung Sianida, Ada Yang Berani Mencoba?, Kepulauan Kei tidak cuma miliki alam yang cantik, tapi juga kuliner ciri khas. Satu yang butuh anda cobalah yaitu pisang goreng dengan tepung bersianida. Enak lho!

Pisang goreng Embal, demikianlah warga Kepulauan Kei mengatakan santapan kuliner yang memakai tepung bersianida ini. Sepintas mendengar, traveler benar-benar juga akan bergidik ngeri.

Memang benar, pisang goreng di Kepulauan Kei ini di buat memakai tepung yang mempunyai kandungan toksin sianida. Tapi tenang saja, rasa-rasanya ditanggung enak serta aman buat dikonsumsi.

Berita Kuliner menjajal sendiri pisang goreng tepung sianida ini kala bertandang ke Pulau Kei Kecil sekian waktu lalu. Pisang goreng embal ini umum dikonsumsi dengan sambal tomat bercitarasa pedas fresh menjadi pelengkapnya.

“Ini namanya pisang goreng embal. Digoreng gunakan tepung embal. Tepungnya di buat dari singkong yang memiliki kandungan sianida, ” terang Petronika, di antara pelayan Forganza Cafe.

Langkah buat tepung diawali dari memarut umbi singkong, lalu diayak, di rendam lantas diperas buat keluarkan toksinnya. Toksin sianida ini umumnya berwarna biru. Sesudah kandungan sianida telah dirasakan hilang, baru tepung dijemur hingga kering serta siap dipakai.

Sesudah tepung embal siap, baru traveler dapat mulai buat menggoreng pisangnya. Petronika juga menuturkan langkah-langkahnya.

“Pisangnya lokal, pisang sepatu, umur 40 hari. Belum juga sangat masak. Pisang dibasahin, dibelah dua, selalu dilapis tepung embal serta ditekan agar saat goreng tidak lepas,” terang Petronika.

Pisang goren embal begitu pas dikonsumsi menjadi makanan ringan, dan kawan minum kopi atau teh. Sembari bercakap dengan rekan-rekan, nyemil pisang goreng ini makin lama mantap!

Traveler yang kebetulan berlibur long weekend ke Kepulauan Kei segera saja icip-icip pisang goreng embal bersianida ini. Bukannya keracunan, traveler jadi juga akan ketagihan. Cobain sendiri deh!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*