Resep Membuat Bika Ambon Lembut Khas Medan yang Terkenal Lezaat

Resep Membuat Bika Ambon Lembut Khas Medan yang Terkenal Lezaat
Resep Membuat Bika Ambon Lembut Khas Medan yang Terkenal Lezaat

Beritakuliner.com – Resep Membuat Bika Ambon Lembut Khas Medan yang Terkenal Lezaat, Medan adalah kota yang mempunyai makanan unik yang sangatlah banyak serta enak-enak dan sangat lezat, satu diantaranya bika ambon ini yang umum di sajikan waktu lebaran datang. Mengapa namanya jadi bika ambon tak bika medan, konon tuturnya kue ini awalannya berasal di jalan ambon yang ada di kota medan, hingga dinamakanlah kue ini menjadi bika ambon, serta ambon disitu yaitu nama jalan di medan.

Karna memanglah kue yang satu ini sangatlah enak sekali serta lembut waktu dikonsumsi, terlebih penambahan sedikit kenyal dalam kue itu jadikan ciri-ciri bika ambon ini. Jadi tak salah kalaw makanan ini jadi sajian waktu hari khusus atau hari besar, tapi saat ini nyata-nyatanya telah banyak yang jual kue bika ini untuk jadikan oleh-oleh, hingga anda dapat mencicipinya kapanpun bila saat.

Tapi untuk anda yang sangatlah jauh ke kota medan atau tak menemukannya yang jual kue yang satu ini, tenang saja karna mungkin saja anda bisa membuatnya di rumah, karna kami juga akan menuturkan resep pembuatan bika ambon asli medan, jadi tak perlu takut anda tak lagi sempat coba makanan yg satu ini. Untuk lebih cepatnya silakan anda ikuti review seperti berikut.

Bahan :

  • 50 gr tepung terigu halus
  • ½ sdt ragi siap saji
  • 100 gr tepung sagu (ayak terlebihdahulu)
  • 10 butir telur ayam, (pisahkan hanya kuningnya saja)
  • 2 butir telur ayam (hanya putihnya saja)
  • 200 ml santan kelapa kental
  • 200 gr gula pasir halus
  • 2 lembar daun pandan (rebus terlebihdahulu)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 50 ml air putih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bika Ambon Lembut Khas Medan

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan, lalu masukan tepung terigu dan ragi instan, kemudian tuangkan air, aduk hingga merata, dan biarkan mengembang kurang lebih 15 menit
  2. Campurkan kuning telur, putih telur, dan gula pasir halus kedalam adonan, aduk hingga semua adonan tercampur dan kental. Lalu masukan lagi tepung sagu yang telah disiapkan dan santan kelapa kental secara perlahan sambil di aduk, lakukan sampai adonan tercampur semua dan kalis
  3. Selanjutnya masukan daun jeruk dan pandan kedalam adonan, lalu aduk hingga tercampur, setelah itu tutup bagian atas adonan dengan bahan yang halus, kemudian diamkan kurang lebih 10 jam, hingga adonan mengembang
  4. Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak, kemudian tuangkan adonan bika yang sudah jadi, pangganglah adonan dengan tutup sedikit terbuka agar ada uap sedikit, tunggu sampai adonan matang dengan berubah warna agak kuning kecoklatan, angkat dan diamkan.
  5. Sajikan dalam wadah atau piring saji yang disiapkan, potong-potonglah agar kue gampang dimakan.

    Ternyata bika ambon ini dapat bertahan kurang lebih selama 3 harian, walaupun proses pembuatnya tanpa bahan pengawet, akan tetapi untuk sajian yang lebih nikmat sajikanlah bika ambon ketika masih fress.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*