Vada Pav, Kuliner India Yang Lebih Favorit dari Burger McDonald’s

Vada Pav, Kuliner India Yang Lebih Favorit dari Burger McDonald's
Vada Pav, Kuliner India Yang Lebih Favorit dari Burger McDonald's

Beritakuliner.comVada Pav, Kuliner India Yang Lebih Favorit dari Burger McDonald’s. India memang unik dalam segala sisi termasuk wisata kuliner. Di sana ada roti khas yang disebut lebih enak dari burger McDonald’s. Turis mesti coba nih!

Melansir BBC Travel, Senin (14/5/2018), namanya adalah Vada Pav. Setiap warganya, mulai dari buruh pabrik sampai bintang Bollywood sangat menyukai kudapan ini.

Vada Pav merupakan gabungan dari adonan kentang dan roti. Adonan kentang yang disebut Batata Vada, lalu digoreng dengan campuran besan (tepung kacang arab). Adonan tersebut dibuat dari kentang tumbuk dicampur bumbu masala, cabai hijau, dan bawang bombay yang dicincang halus.

Setelah digoreng sebentar, Vada siap disajikan. Setelah itu ada roti lunak berbentuk kotak bernama Pav yang diolesi chutney (sejenis selai dari buah-buahan), cabai dan ketumbar yang akan diisi Vada tadi.

Vada Pav dibungkus dengan kertas koran dan ada beberapa cabai hijau goreng di dalamnya jika pelanggan merasa masih kurang pedas. Harganya pun amat terjangkau, yakni Rp 2.500 dengan rasa pedas juga menjadi ciri khas makanan ini.

Dengan komposisi di atas, Vada Pav memang cocok dijadikan sebagai asupan karbohidrat yang lezat nan murah. Oleh para travel blogger, Vada Pav dianggap sebagai makanan cepat saji yang paling ringkas juga murah.

Baca Juga : Cuaca Sedang Panas? Cobain nih Zeribowl Dessert, Asia Megamas Medan

Vada Pav diyakini ditemukan pada 1966 oleh seorang warga Mumbai, Ashok Vaidya, yang membuka kios Vada Pav pertama di seberang stasiun kereta api Dadar. Inilah tempat di mana ratusan ribu pekerja singgah setiap hari dalam perjalanan mereka ke pabrik tekstil di pinggiran kota seperti Parel dan Worli.

Vada Pav langsung menjadi populer di kalangan Bombayit (julukan bagi warga Mumbai waktu itu). Lalu, Vaidya menjadi ikon kota Mumbai, bahkan seorang jurnalis lokal membuat file dokumenter tentang laki-laki itu dengan judul Vada Pav Inc.

Ironisnya, dua komponen utama Vada Pav, kentang dan roti diimpor dari Eropa. Bahan itu dibawa ke India oleh bangsa Portugis pada abad ke-17.

Satu-satunya bahan Vada Pav yang berasal dari kawasan India adalah besan (tepung kacang arab). Gunanya untuk melapisi adonan kentang sebelum digoreng. Tetap saja, warga Mumbai menganggap Vada Pav sebagai makanan asli Bombay (sebutan lama Kota Mumbai).

Industri Vada Pav di Mumbai berkembang hingga tahun 1990-an. Lalu datanglah restoran waralaba internasional seperti McDonald’s yang menyajikan burger vegetarian mirip dengan Vada Pav untuk mengakomodasi selera orang India yang tidak memakan daging sapi.

Akan tetapi, meski patty-nya terbuat dari kentang goreng, burger McAloo Tikki McDonald’s sangat berbeda dari Vada Pav. Burger itu gagal menandingi ramuan rempah-rempah dari Vada Pav rumahan.

Rasa Vada Pav bergantung pada selera pribadi si tukang masak. Setiap pedagang mengklaim punya resep rahasia atau bumbu spesial yang membuat Vada Pav buatannya unik.

Tak mengherankan kalau Vada Pav selalu lebih populer di Mumbai daripada burger. Tempat makanan ini selalu dipenuhi pelanggannya walau hanya berupa kaki lima.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*